Share

Mengenal Chromebook yang Semakin Populer

Mengenal Chromebook | Beberapa waktu ini kita kembali dihebohkan dengan yang Namanya Chromebook. Nama Chromebook sendiri sebenarnya sudah tidak asing di dunia gadget. Pasalnya, produk ini telah hadir sejak tahun 2011. Hebohnya kembali mengenai Chromebook ini tidak lain karena nantinya akan ada sekitar 240.000 unit Chromebook yang akan dibagikan kepada para pelajar diseluruh pelosok tanah air guna menunjang kegiatan Pendidikan di Indonesia. Menurut rencana ratusan unit Chromebook ini akan dibagikan mulai dari siswa SD, SMP, SMA/SMK, SKB dan PKBM.

Kini yang menjadi pertanyaan adalah apa sih sebenarnya Chromebook itu? Terus apa bedanya Chromebook dengan notebook yang ada selama ini?. lantas apa hubungan Chromebook dengan Google, sehingga penamaannya mirip dengan Google Chrome yang selama ini menjadi salah satu software bagi kita untuk berselancar di Internet.

Mari Mengenal Chromebook

Seperti halnya laptop maupun notebook pada umumnya, Chromebook merupakan computer jinjing yang menjalankan system operasi Chrome OS. Jadi secara bentuk Chromebook tidak berbeda dengan laptop atau notebook dipasaran hanya saja system operasinya saja yang berbeda. Seperti laptop yang menjalankan system operasi linux, windows maupun MacOS X.

Chrome OS sendiri merupakan OS besutan Google yang berbasis web browser yang tentunya mampu untuk menjalankan aplikasi bikinan Google sendiri. Seperti Google Drive, Gmail, Google Meet dan yang lain. Selain itu dengan menggunakan OS ini kita juga bisa menjalankan aplikasi Android namun tentunya yang kompetibel.

Memang pada kenyataannya, Google merilis produk Chromebook bikinan sendiri yang dinamakan Pixelbook. Meski begitu, kebanyakan produk Chromebook yang ada di dunia dikembangkan oleh pihak ketiga, mulai dari Lenovo, Acer, hingga Asus.

Strategi seperti itu mirip seperti yang dilakukan Microsoft lewat Windows. Microsoft memang punya laptop bikinan sendiri, yakni Surface. Akan tetapi, masih banyak laptop pihak ketiga yang menjalankan OS tersebut.

Chromebook sejatinya memang dirancang untuk mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Internet. Pasalnya, perangkat ini mengandalkan ekosistem cloud milik Google.

Berbicara tentang spesifikasi, Chromebook umumnya memiliki spesifikasi yang lebih rendah daripada laptop biasa, karena memang ditujukan untuk pemakaian ringan seperti bekerja, belajar, dan hiburan. Chromebook kurang maksimal jika digunakan untuk menjalankan pekerjaan berat seperti mengedit video. Namun, jika hanya untuk mengedit foto atau video secara dasar, Chromebook masih mampu melakoninya.