Share

Multiple ping ip menggunakan windows batch script

multiple ip ping

Multipe ping ip, Perintah ping (Packet Internet Gopher) merupakan sebuah program utility yang dapat digunakan untuk memeriksa induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya dalam sebuah jaringan. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

Cara melakukkan ping dengan CMD

Untuk melakukan perintah ping dalam sebuah jaringan dapat juga memanfaatkan aplikasi bawaan dari windows yaitu CMD (Command Prompt).  Caranya adalah sebagai berikut

  • Buka aplikasi CMD dengan cara tekan tombol CTRL+R untuk menampilkan jendela RUN
  • Didalam jendela RUN ketikkan CMD, maka akan muncul jendela / aplikasi CMD.
  • Kemudian di dalam aplikasi CMD ketikkan perintah
  • ping [ip_tujuan/url_tujuan] kemudian enter

Jika tersambung maka akan muncul informasi Reply kemudian paket yang dikirim serta waktu yang dibutuhkan untk pengiriman / balasan dari ip yang dituju. Jika gagal terhubung maka informasi yang diberikan adalah  Tidak tersambungnya alamat tujuan, atau tidak dikenalinya jaringan tujuan.

Perintah untuk melakukan ping ini karena menggunakan CMD maka hanya bisa sekali untuk satu IP tujuan. Jika kita menginginkan beberapa IP tujuan maka harus satu-satu kita melakukan perintah ping seperti diatas. Akan tetapi, akan menghemat waktu jika kita bisa melakukan ping ke beberapa alamat IP secara bersamaan. Maka dari itu kita bisa memanfaatkan batch file untuk melakukan multiple ping ke beberapa ip secara bersamaan.

Melakukan Multiple ping ip

Kita akan menggunakan 3 file, dimana 1 file sebagai penyimpan ip_tujuan, file berikutnya sebagai batch file untuk perintah ping dan file terakhir adalah sebagai file hasil dari ping ke tujuan, apakah sukses atau gagal.

Untuk penyimpanan file bisa dimana saja, hanya saja jika ingin mudah tanpa merubah isi dari batch file silahkan buat folder di C kemudian berinama Ping-BAT. Didalam folder Ping-BAT, silahkan isikan dengan 3 file dengan rincian seperti berikut

multiple ping

Isi dari hasil.txt serta ip.txt kosongkan terlebih dahulu. Sedangkan untuk membuat ip.bat, bisa menggunakan perintah, klik kanan dalam folder Ip-BAT kemudian pilih Text Dokument, renama dengan nama ip.bat, maka akan muncul jendela pertanyaan untuk melakukan perubahan extensi, pilih ya.

Untuk isi ip.bat silahkan copy paste script dibawah ini

@Echo Off
Set "ServerList=C:Ip-BAT\ip.txt"
Set "LogFile=C:Ip-BAT\hasil.txt"
echo pengecekan...
echo layar akan otomatis close jika pengecekan telah selesai.
If Not Exist "%ServerList%" Exit /B
>"%LogFile%" (For /F UseBackQ %%A In ("%ServerList%"
) Do Ping -n 1 %%A|Find "TTL=">Nul&&(Echo Terhubung [%%A])||Echo Gagal [%%A])

Cara penggunaanya adalah

  • Pertama masukkan multiple ip yang akan dilakukan pengecekan kedalam file ip.txt kemudian simpan
  • Berikutnya jalankan file ip.bat, tunggu hingga layar CMD menghilang, kemudian
  • Untuk hasilnya bisa di cek di file hasil.txt, jika tertulis Terhubung maka ip tujuan dapat terhubung, namun jika tertulis Gagal sebelum ip address maka ip tersebut tidak dapat terhubung